Selasa, 13 Juni 2017

Bahaya Anemia Sangat Parah Bisa Mengakibatkan Kematian

Bahaya Anemia Sangat Parah Bisa Mengakibatkan Kematian


Komplikasi Anemia

Anemia adalah kondisi di mana memiliki jumlah sel darah merah di bawah normal (kekurangan produksi sel darah merah). Bahaya anemia yang sangat parah bisa mengakibatkan kerusakan jantung, otak dan organ tubuh lain, bahkan dapat menyebabkan kematian. Berikut komplikasi yang mungkin terjadi apabila anemia tidak segera ditangani :.

  1. Kelelahan berat adalah kondisi dimana tubuh tidak mampu lagi beraktivitas dan mengurangi efisiensi prestasi dan disertai debgan perasaan letih dan lemah yang berat.
  2. Rentan terkena infeksi. Pada kondisi ini sistem imun tidak mampu melawan patogen yang disebabkan oleh kekurangan zat besi, sehingga penderita anemia lebih sering dan mudah terkena infeksi.
  3. Komplikasi dan gangguan kehamilan. Anemia yang disebabkan oleh kekurangan asam folat dan vitamin B12 akan beresiko terhadap gangguan janin dan ibu mengalami depresi pasca melahirkan.
  4. Berikut gangguan pada bayi yag dilahirkan :
  5. Kelahiran kurang dari 37 minggu atau kelahiran prematur.
  6. Berat badan yang rendah atau tidak normal
  7. Mengalami masalah kandungan zat besi dalam darah
  8. Mengalami masalah kemampauan mental yang kurang.
  9. Gangguan jantug dan kematian.


Diagnosis Anemia

Untuk mendiagnosis anemia, dokter akan melakukan tes CBC dan tes fisik. Tes CBC dilakukan untuk mengetahui jumlah hemoglobin merah dan sel darah darah merah yang dimiliki pasien.

Pada tes fisik , dokter akan megetahui gejala ayang dialami pasien, seperti detak jantung, tingkatan nyeri dan perubahan warna kulit. Dokter akan menyarankan pasien untuk menjalani tes menyeluruh, seperti pengambilan gambar sel darah merah. 

Meski jarang, bila dicurigai adanya kemungkinan penyakit lain pasien dianjurkan untuk menjalani tes urin, aspirasi tulang dan pemidaian tubuh.

Pengobatan Anemia
  • Pencegahan infeksi melalui pemberian anti biotic. Untuk mengobati penyakit anemia yang tidak terlalu berat biasanya bisa di atasi dengan melakukan istirahat total yang cukup dan menambah asupan  makanan yang bergizi tinggi. Namun jika anemia yang di alami sudah cukup parah maka Anda perlu mendapatkan asupan tambahan untuk mempercepat pemulihan jumlah Hb dalam darah Anda.
  • Peningkatan produksi sel darah merah dengan obat-obatan
  • Terapi kelasi untuk membuang timah hitam
  • Transfusi darah dan pencangkokan sumsum tulang pada kasus yang parah
  • Pengobatan terhadap penyebab utama seperti pada penyakit ginjal, kanker atau gangguan pencernaan dan usus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar