Kamis, 10 Agustus 2017

5 Penyebab Anemia Pada Remaja Putri

5 Penyebab Anemia Pada Remaja Putri - Anemia adalah kekurangan sel darah (eritrosit). Anemia yang sering terjadi adalah anemia gizi besi, yaitu anemia yang terjadi karena kekurangan zat besi dari maknan yang dikonsumsi atau karena kehilangan darah yang berlebih dan tidak mampu diganti dengan konsumsi maknan.




Sedangkan pada ciri-ciri anemia yaitu sering merasa pusing, badan lesu dan letih seperti tidak berenergi dan selain itu akan nampak pucat dapa bagian telapak tangan dan mata. Dan otomatis daya tahan tubuh akan menurun.

Anemia banyak terjadi dikehidupan kita para remaja, khususnya pada remaja putri yang rentan diserang anemia. Hal ini dapat terjadi karena putri sedang berada pada pubertas maka kebutuhan zat besi untuk menyeimbangkan perkembangan tubuh semakin besar. 

Selain itu juga beban ganda yang kamu emban adalah mengalami menstruasi, yang berarti juga memiliki kebutuhan untuk menggantikan zat besi hilang bersama darah haid. Namun sebaiknya asupan gizi kamu terpenuhi agar tidak mengalami penyakit anemia. Berikut beberapa Penyebab anemia pada remaja putri, diantaranya :
  • Kebiasaan Makan Yang Buruk
Biasanya para remaja cenderung suka mengonsumsi junk food dan fast food yang padahal jenis makanan tersebut tidak memiliki kandungan gizi yang lengkap dan sebaliknya para remaja juga gengsi untuk memakan makanan tradisional karena sudah tidak mengikuti tren. 

Sebenarnya makanan tradisional lebih mengutamakan bahan bahan dan alam sehingga jelas lebih sehat jika dibandingkan dengan maknan ala budaya barat. Selain itu juga, para remaja sering terpengaruh oleh iklan di tv, para produsen makanan junk food dan fast food sangat melebih lebihkan kandungan yang terdapat dalam makanan diproduksi.

Padahal jika diukut kandungan gizi dengan kandungan bahan tambahan makanan lebih banyak bahan kimianya jika anda memakan makanan tesebut sama dengan seperti halnya anda memakan makanan sampah yang tidak bermanfaat bagi tubuh. 

Apabila anda termasuk remaja seperti itu, dalam jangka waktu lama ketika anda tidak mau mengonsumsi makann lain maka dapat terserang anemia danbiasanya remaja banyak yang hanya suka untuk mengonsumsi makanan tertentu dan sehingga tidak mendapatkan asupan gizi yang bervariasi, maka dengan tidak keragaman makanan yang anda konsumsi makan akan memicu untuk terjadinya penurunan produksi sel darah merah sehingga rentan terkena anemia.
  • Kehilangan Darah Pada Setiap Bulan
Setiap wanita pasti akan mengalami haid setiap bulannya dan ini merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan anemia, mungkin sebagian dari anda tidak menyadari bahwa anda kehilangan darah dengan jumlah yang tidak sedikit. Selain anda keghilangan darah setiap bulannya, anda juga akan mengalami hambatan dalam memproduksi sel darah merah. Agar anda tidak mengalami anemia saat haid, upacat mencegah anemia dapat dilakukan dengan konsumsi tablet  Fe setiap hari pada saat Anda haid. 

Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi tablet Fe sekali dalam seminggu. ini bertujuan untuk mencegah agar anda tidak sampai menderita anemia. Ketika kelak anda hamil dan melakukan persalinan sudah tidak khawatir lagi dengan kadar Hb yang rendah, pasti anda memiliki kadar Hb yang normal dan dapat melakukan persalinan dengan lancar. 

Pada remaja putri yang mengalami kanker atau terserang malaria, juga rentan untuk kehilangan sel darah secara berlebihan. Maka dari itu, untuk kedua kondisi ini harus mendapatkan perlakuan yang ekstra agar kadar sel darah merah dalam tubuh tetap terjaga.

Produksi sel darah merah dapat menurun pada saat terjadi kerusakan pada daerah sumsum tulang belakang atau asupan Fe yang masuk dalam tubuh berjumlah sangat sedikit. Penurunan produksi sel darah merah dapat terhambat ketika Anda mengalami keracunan atau sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Pada saat Anda sedang menjalankan program diet dan hanya megkonsumsi sayuran, maka dalam jangka waktu yang lama, Anda akan mengalami anemia. Karena makanan hewani dapat memicu produksi sel darah merah sedangkan Anda tidak mendapatkan asupan makanan yang berasal dari hewani.

Anda adalah seorang remaja putri, wanita pada umunya mengalami kehamilan. Nah, ternyata kehamilan juga dapat mengakibatkan anemia. Produksi sel darah merah pada saat hamil malah mengalami penurunan, karena tubuh mendapatkan beban kerja yang lebih berat.
  • Penghancuran Sel Darah Merah Yang Berlebihan 
Produksi sel darah merah antara remaja dan putri sangatlah berbeda. pada remaja putri produksi sel merah jumlahnya lebih sedikit dan rentan untuk terjadi kerusakan sel. Se-Sel merah pada remaja putri yang dihasilkan oleh sumsum tulang belakang akan beredar ke seluruh tubuh. Akan tetapi sel darah merah yang belum matang pun juga dapat dilepaskan untuk beredar ke seluruh tubuh.

Sel darah merah yang masih muda ini akan mudah pecah dan hancur, sehingga remaja putri akan mudah mengalami kekurangan sel darah merah (anemia).Penghancuran sel darah merah yang secara berlebihan dapat disebabkan adanya masalah pada sumsum tulang belakang, seperti limfoma, leukemia atau multipel myeloma. Selain itu, adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh juga dapat berpengaruh terhadap produksi sel darah merah.

Ketika Anda sedang menjalani kemoterapi, maka juga akan mengalami gangguan pada produksi sel darah merah. Pada remaja yang menderita AIDS juga akan mengalami gangguan dalam memproduksi sel darah merah.
  • Perdarahan mendadak seperti, mengalami kecelakaan
Pada saat terjadikecelakaan kemungkinan besaer terjadi perdarahan di area tubuh manapun. Ketika perdarahan tersebut terjadi dalam jumlah yang banyak dan tidak segera dapat berhenti maka tubuh akan banyak kehilangan sel darah merah. Apalagi ketika luka yang terjadi di daerah kepala maka darah akan dapat keluar dari tubuh dalam jumlah yang sangat banyak dan pada waktu yang sangat singkat.

Akibat dari kehilangan darah pada saat kecelakaan juga hampir sama seperti ketika anda mengalami haid. Maka dari itu ketika anda atau saudara anda mengalami kecelakaajn sesegera mungkin untuk mengonsumsi tablet Fe dan memberikan asupan makanan yang banyak mengandung zat besi.

Nah, hal hal diatas adalah beberapa penyebab anemia pada remaja putri yang paling umum terjadi. Maka dari itu anda harus pastikan dan harus sudah tau betapa ruginya ketika mengalami anemia dan oleh karena itu kita harus menjadi putri yang cerdas untuk mencegah anemia menimpa anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar