Kamis, 10 Agustus 2017

8 Sayuran Untuk Penambah Darah Bagi Penderita Anemia

8 Sayuran Untuk Penambah Darah Bagi Penderita Anemia - Salah satu cara untuk mengatasi penyakit anemia tersebut adalah dengan cara mengonsumsi zat besi, dam selain dari obat yang diberikan oleh dokter, zat besi tersebut juga bisa didapatkan dari sayuran yang ada disekitar kita.

Berikut beberapa sayuran untuk penambah darah bagi penderita anemia, diantaranya sebagai berikut :
  • Kulit Kentang


Kentang merupakan salah satu sayuran yang akaya akan gizi dan terutama dalam hal kandungan karbohidrat. Namun kulit kentang juga ternyata memiliki banyak gizi yang memiliki kandungan zat besi yang jauh lebih banyak dari pada isi kentangnnya sendiri. 

Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa kulit kentang memiliki zat besi 5 kali lebih banyak dari isi kentang sendiri. Maka dari mulai sekarang cobalah mengonsumsi kentang bersama kulitnya pastikan kulit kentang tersebut bersih.
  • Kembang Kol

Sayuran yang dapat menjadi penambah darayh adalah kembang kol. Sayuran ini dapat mergenerasi sel darah mertah dengan sangat baik. Kembang kol sangat mudah didapatkan dan bisa diolah menjadi aneka macam masakan.

Selain zat besi kembang kol juga memiliki kandungan gizi lainnya seperti kalsium, kalium, protein, niasin, dan thamine dan selain kembang kol, anggota keluarga kubis kubisan lainnya yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi adalah brokoli.
  • Tomat

Tomat merupakan salah satu sayuran wajib yang selalu hadir di berbagai masakan. Tomat dapat dijadikan perlengkapan untuk tumis-tumisan, sayur sop, soto, sambel atau dimakan langsung sebagai lalapan. Jika ingin yang segar maka tomat juga bisa dijadikan minuman jus.

Tomat juga memiliki zat besi yang cukup banyak dalam satu cangkir tomat terdapat 3,39 mg zat besi. dan selain itu tomat juga dapat menjadi obat awet mudah karena memiliki banyak kandungan antioksidan.
  • Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang terkenal sebagai pemasok zat besi yang berlimpah. Sayuran ini sangat baik dikonsumsi oleh para penderita anemia maupun ibu hamil dan pasalnya kekurangan zat besi pada ibu hamil dapat mempengaruhi perkembangan dan kecerdasan janin.

Namun jangan sampai mengonsumsi bayan yang sudah melewati 5 jam dari proses pemasakan karena kandungan di dlam bayam dapat berpotensi menjadi racun apabila sudah berinteraksi dengan oksigen.
  • Kangkung

Salah satu ciri sayuran yang memiliki banyak kandungan zat besi adlah daunnya yang berwarna hijau gelap. kangkung memang salah satu satyuran yang kaya akan kandungan zat besi , tidak hanya daunnya hampir seluruh bagian dari kangkung memiliki zat besi yang banyak dan selain itu kankung juga merupakan sumber vitamin A, vitamin B dan vitamin C yang snagat baik.

Dindonesia sendiri mendapatkan kangkung sangatlah mudah dan anda bisa menanamnya sendiri, membeli dipasar hingga di supermarket dan harganya juga sangat murah dan bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan yang sangat lezat. 
  • Jagung

Tidak hanya sebagai sumber karbohidrat jagung juga ternyata memiliki kandungan zat besi dan tembaga yang cukup banyak. Dan selain itu sayuran penambah darah ini juga cukup kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C.

Jagung sangatlah mudah didapatkan disekitar kita dan juga mudah untuk diolah menjadi berbagai panganan .
  • Sawi

Dengan daunnya yang berwarna hijau gelap, sawi menjadi salah satu sayuran yang dapat menambah darah. dan memiliki kandungan zat besi yang dimilikinya sangat baik untuk penderita anemia, dan selain itu sawi juga memiliki kandungan nutrisi yang lainnya seperti vitamin A, vitamin B, VitaminC.

Berbagai macam mineral juga terdapat dalam sawi dianataranya adalah magnesium, potassium, dan kalium. Berbagai jenis mineral tersebut sangat baik dikonsumsi oleh para ibu hamil agar pertumbuhan janinnya dapat berjalan lancar.
  • Daun Katuk

Sayuran terakhir yangdapat menambah darah adalahdaun katuk. Daun katuk ini memiliki kandungan zat besi yang sangat baiak untuk tubuh. Selain itu juga daun katuk juga memiliki zat fosfor yang berguna untuk pertumbahan tulang.

Diindonesia daun katukl biasanya digunakan untuk melancarkan ASI bagi para ibu yang sedang menyusui. Daun katuk ini juga dapat diolah menjadi masakan layaknya bayam dan kangkung. Namun anda harus berhati hati karena daun katuk dapat menjadi racun apabila tidak benar dalam pengolahannya.

Nah itulah dia berbagai macam sayuran yang menjadi penambah darah yang kaya akan kandungan zat besi dan kandungan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya adalah 18 mg. Dan jika pastikan anda memenuhi kebutuhan tersebut dengan mengonsumsi berbagai sayuran diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar