Kamis, 10 Agustus 2017

Ciri - Ciri Gejala Awal Pada Penyakit Anemia

Ciri - Ciri Dan Gejala Awal Penyakit Anemia - Ciri kekurangan darah atau biasa yangdisebut sebagai Anemia memiliki beberapa gejala yang nampak pada seseorang.

Anemia mrupakan penyakit dimana seseorang kekurangan darah terutama zat yang dikenal dengan istilah hemoglobin. Penyebab Anemia tentu saja dari berbagai faktor termasuk stress dan juga faktor genetik atau bisa juga dari gangguan atau faktor lainnya.


Ketika muncul gejala-gejala tertentu pada tubuh seseorang tentu saja harus segera mengidentifikasi gejala penyakit anemia yang timbul tersebut dengan teliti untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada waktu-waktu tertentu.

Beberapa tanda seseorang yang mengalami anemia sering juga dikaitkan dengan beberapa penyakit yang dianggap serius misalnya seperti kuningan, HIV/AIDS dan juga kanker. Dibawah ini seperti yang diterbitkan oleh Boldsky beberapa ciri penyakit anemia yang perlu diwaspadai, diantaranya sebagai berikut :

  • Merasa cepat lelah
Jika seseorang memiliki jumlah sel darah merah yang rendah biasanya akan snagat cepat merasakan lelah dan ini diakibatkan oksidasi dalam tubuh berkurang dan jika sel darah merah pada tubuh berkurang. Maka oksidasi ini sangat berpengaruh pada energi tubuh yang dihasilkan dan digunakan untuk beraktivitas.

  • Merasakan sakit kepala
Salah satu yang sering muncul gejala anemia ini adalah sering sakit kepala terus menerus dan ini disebabkan oleh kurangnya oksigen yang diakibatkan oleh kurangnya sel darah merah pada tubuh penderita. Dan sehingga penderita akan sering merasakan sakit pada bagian kepala dan akan merasakan pusing pusing.

  • Pucat pada bagian dalam kelopak mata
Penderita anemia biasanya memiliki salah satu ciri yang timbul pada bagian daerah mata. dan bisa dilihat dengan cara meregangkan bagian bawah pada kelopak mata dan kemudian dilihat dengan seksama jika bagian bawah berwarna pucat maka bisa saja itu merupakan salah satu ciri gejala anemia.

  • Ujung Jari berwarna pucat dan putih ketika ditekan
Ciri penyakit anemia lainnya adalah dengan melakukan tes sederhana dengan cara menekan ujung jari. Dan jika pada orang normal ketika ujung jari ditekan akan memerah dan berbeda halnya dengan seseorang yang menderita anemia. Penderita anemia ketia ujungnya di tekan maka akan berubah menjadi putih dan pucat.
  • Sesak napas
Selain beberapa ciri diatas gejala lain yang akan menunjukkan seseorang menderita penyakit anemia adalah sesak napas karena kurangnya pasokan oksigen dalam tubuh yang diakibatkan kurangnya sel darah merah menyebabkan penderita anemia ketika melakukan aktivitas sehari hari akan sering merasakan sesak napas, dan itu tentunya harus diwaspadai.
  • Mengalami palpitasi
Pada penderita anemia yang mengalami ciri yaitu palpitasi adalah sebuah istilah dalam medis yaitu gejala denyut jantung yang tidak teratur, dan memiliki kecepatan yang tidak normal dan terlalu kuat, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya penderita anemia mengalami kekurangan oksigen dalam tubuh, yang berakibat pada peningkatan denyut jantung dan menyebabkan denyut jantung berdebar tidak teratur dan juga cepat.
  • Kekebalan tubuh menurun
Gejala anemia adalah menurunnya kekebalan tubuh yang diakibatkan oleh kurangnya asuupan energi dan penderita biasanya akan mudah sakit dan juga merasakan lelah yang diakibatkan menurunnya kekebalan pada tubuh.
  • Pucat
Ciri anemia lainnya adalah terliht pada wajah penderita pucat dan terlihat kekuningan. Untuk itu kita perlu penanganan dini pada penderita anemia dengan mengenali gejala anemia atau ciri penyakit anemia maka kita bisa lebih tahu dan lebih dini untuk mengetahui keadaan kesehatan pada tubuh yang terkena anemia atau kekurangan darah.
  • Rambut Rontok
Hal ini dikarenakan kulit kepala mengalami kekurangan pasokan makanan untuk kulit kepala sehingga akan terjadi penipisan rambut.
  • Merasakan Mual
Pada penderita anemia ada gejala dimana penderita merasakan mual jika penderita anemia bangun tidur atau gejala ini disebut juga dengan morning sickness.

Gejala Anemiapada umumnya ditandai dengan munculnya beberapa gejala yang telah disebutkan diatas, meskipun gejala tersebut tidak muncul bukan tidak mungkin seseorang mengalami anemia sehingga untuk memastikan terkena anemia atau tidak maka diperlukan pemeriksaan kadar HB. 

Orang yang tidak sadar mengalami anemia juga bisa disebabkan karena terkena ganggguan kesehatan yang mungkin gejalanya hampir sama dengan anemia yaitu darah rendah.
Berbeda halnya dengan anemia, dimana tubuh kekurangan kadar HB, darah rendah yaitu kondisi kerja jantung yang kurang kuat memompa darah yang menjadikan sirkulasi darah menjadi terganggu.

Baik anemia ataupun darah rendah, tidak bleh disepelekan karena mengganggu kondisi tubuh, Pada ibu hamil, anemia meningkatkan resiko terjadinya pendarahan ketika persalinan selain itu pada anak, anemia bisa mengganggu perkembangan kecerdasan anak. Maka dari itu, Anda harus tetap waspada dan tetap berusaha mengontrol kesehatan dengan baik.

Jika Anda, sahabat atau keluarga anda mengalami gejala-gejala anemia seperti diatas langsung saja konsultasikan kepada dokter ahlinya untuk diperiksa dan untuk memastikan apakah hanya gejala penyakit biasa atau merupakan gejala penyakit anemia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar